Orang-orang hebat di bidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi. ~ Ernest Newman

15 September 2011

HOME CARE


BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Visi Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah memandirikan masyarakat untuk hidup sehat dengan misi membuat rakyat sehat. Guna mewujudkan visi dan misi tersebut berbagai program kesehatan telah dikembangkan termasuk pelayanan kesehatan di rumah.
Pelayanan keperawatan yang berkualitas mempunyai arti bahwa pelayanan yang diberikan kepada individu, keluarga ataupun masyarakat haruslah baik (bersifat etis) dan benar (berdasarkan ilmu dan hukum yang berlaku). Hukum yang mengatur praktik keperawatan telah tersedia dengan lengkap, baik dalam bentuk undang-undang kesehatan, maupun surat keputusan Menkes tentang praktik keperawatan. Dengan demikian melakukan praktik keperawatan bagi perawat di Indonesia adalah merupakan hak sekaligus kewajiban profesi untuk mencapai visi Indonesia sehat tahun 2010.
Implementasi praktik keperawatan yang dilakukan oleh perawat sebenarnya tidak harus dilakukan di rumah sakit, klinik, ataupun di gedung puskesmas tetapi dapat juga dilaksanakan dimasyarakat maupun dirumah pasien. Pelayanan keperawatan yang dilkukan dirumah pasien disebut Home Care.
Pelayanan kesehatan di rumah merupakan program yang sudah ada dan perlu dikembangkan, karena telah menjadi kebutuhan masyarakat, Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dan memasyarakat serta menyentuh kebutuhan masyarakat yakni melalui pelayanan keperawatan Kesehatan di rumah atau Home Care. Berbagai faktor yang mendorong perkembangannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat yaitu melalui pelayanan keperawatan kesehatan di rumah.
Berbagai faktor yang mendorong perkembangan pelayanan keperawatan kesehatan dirumah atara lain : Kebutuhan masyarakat, perkembangan IPTEK bidang kesehatan, tersedianya SDM kesehatan yang mampu memberi pelayanan kesehatan di rumah

2.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah mengenai konsep home care yang meliputi :
a.      Pengertian Home Care
b.      Konsep/Model Teori Keperawatan Yang Mendukung Home Care
c.       Landasan Hukum Home Care
d.      Skill Dasar Yang Harus Dikuasai Perawat
e.      Lingkup Pelayanan Home Care
f.        Isu Dan Legal Aspek
g.      Lingkup Praktik Keperawatan Di Rumah
h.      Mekanisme Pelayanan Home Care

3.      Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dari penyusunan makalah ini adalah :
a.      Menjelaskan pengertian Home Care
b.      Menjelaskan konsep/model teori keperawatan yang mendukung Home Care
c.       Menyebutkan landasan hukum Home Care
d.      Menjelaskan skill dasar yang harus dikuasai perawat
e.      Menjelaskan lingkup pelayanan Home Care
f.        Menjelaskan isu dan legal aspek Home Care
g.      Menjelaskan lingkup praktik keperawatan di rumah
h.      Menjelaskan mekanisme pelayanan Home Care


BAB II
PEMBAHASAN

1.      Pengertian Home Care
Menurut Departemen Kesehatan (2002) menyebutkan bahwa home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit.
Pelayanan diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien atau keluarga yang direncanakan dan dikoordinasi oleh pemberi pelayanan melalui staf yang diatur berdasarkan perjanjian bersama. Sedangkan menurut Neis dan Mc Ewen (2001) menyatakan home health care adalah sistem dimana pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial diberikan di rumah kepada orang-orang yang cacat atau orang-orang yang harus tinggal di rumah karena kondisi kesehatannya.
Home Care (HC) menurut Habbs dan Perrin, 1985 adalah merupakan layanan kesehatan yang dilakukan di rumah pasien (Lerman D. & Eric B.L, 1993), Sehingga home care dalam keperawatan merupakan layanan keperawatan di rumah pasien yang telah melalui sejarah yang panjang.
Di beberapa negara maju,” home care “ (perawatan di rumah ), bukan merupakan konsep yang baru, tapi telah dikembangkan oleh William Rathbon sejak tahun 1859 yang dia namakan perawatan di rumah dalam bentuk kunjungan tenaga keperawatan ke rumah untuk mengobati klien yang sakit dan tidak bersedia dirawat di rumah sakit.
Dari beberapa literatur pengertian “home care” adalah:
a.      Perawatan dirumah merupakan lanjutan asuhan keperawatan dari rumah sakit yang sudah termasuk dalam rencana pemulangan (discharge planning ) dan dapat dilaksanakan oleh perawat dari rumah sakit semula, oleh perawat komunitas di mana pasien berada, atau tim keperawatan khusus yang menangani perawatan di rumah.
b.      Perawatan di rumah merupakan bagian dari asuhan keperawatan keluarga, sebagai tindak lanjut dari tindakan unit rawat jalan atau puskesmas.
c.       Pelayanan kesehatan berbasis dirumah merupakan suatu komponen rentang keperawatan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka, yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit termasuk penyakit terminal.
d.      Pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien individu dan keluarga, direncanakan, dikoordinasikan dan disediakan oleh pemberi pelayanan yang diorganisir untuk memberi pelayanan di rumah melalui staf atau pengaturan berdasarkan perjanjian kerja (kontrak) (warola,1980 dalam Pengembangan Model Praktek Mandiri keperawatan dirumah yang disusun oleh PPNI dan Depkes).

2.      Konsep / Model Teori Keperawatan Yang Mendukung Home Care
a.       Teori Lingkungan (Florence Nightingale)
Lingkungan menurut Nightingale merujuk pada lingkungan fisik eksternal yang mempengaruhi proses penyembuhan dan kesehatan yang meliputi lima komponen lingkungan terpenting dalam mempertahankan kesehatan individu yang meliputi
1)      udara bersih,
2)      air yang bersih,
3)      pemeliharaan yang efisien
4)      kebersihan, serta
5)      penerangan/pencahayaan
Nightingale lebih menekankan pada lingkungan fisik daripada lingkungan sosial dan psikologis yang dieksplor secara lebih terperinci dalam tulisannya. Penekanannya terhadap lingkungan sangat jelas melalui pernyataannnya bahwa jika ingin meramalkan masalah kesehatan, maka yang harus dilakukan adalah mengkaji keadaan rumah, kondisi dan cara hidup seseorang daripada mengkaji fisik/tubuhnya.
b.      Teori konsep manusia sebagai unit (Martha E. Rogers)
Dalam memahami konsep model dan teori ini,Rogers berasumsi bahwa manusia merupakan satu kesatuan yang utuh,yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda – beda. Dalam proses kehidupan manusia yang dinamis, manusia dalam proses kehidupan manusia setiap individu akan berbeda satu dengan yang lain dan manusia diciptakan dengan karakteristik dan keunikan tersendiri. Asumsi tersebut didasarkan pada kekuatan yang berkembang secara alamiah yaitu keutuhan manusia dan lingkungan,kemudian system ketersediaan sebagai satu kesatuan yang utuh serta proses kehidupan manusia berdasarkan konsep homeodinamik yang terdiri dari integritas,resonansi dan helicy. Integritas berarti individu sebagai satu kesatuan dengan lingkungan yang tidak dapat dipisahkan, dan saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Resonansi mengandung arti bahwa proses kehidupan antara individu dengan lingkungan berlangsung dengan berirama dengan frekuensi yang bervariasi dan helicy merupakan proses terjadinya interaksi antara manusia dengan lingkungan akan terjadi perubahan baik perlahan – lahan maupun berlangsung dengan cepat. Menurut Rogers (1970), tujuan keperawatan adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan, mencegah kesakitan, dan merawat serta merehabilitasi klien yang sakit dan tidak mampu dengan pendekatan humanistik keperawatan. Menurut Rogers, 1979 Kerangka Kerja Praktik: “Manusia utuh” meliputi proses sepanjang hidup. Klien secara terus menerus berubah dan menyelaraskan dengan lingkungannya.
c.       Teori Transkultural nursing (Leininger)
Leininger percaya bahwa tujuan teori ini adalah untuk memberikan pelayanan yang berbasis pada kultur. Dia percaya bahwa perawat harus bekerja dengan prinsip ”care” dan pemahaman yang dalam mengenai ”care” sehingga cultures care, nilai-nilai, keyakinan, dan pola hidup memberikan landasan yang realiabel dan akurat untuk perencanaan dan implementasi yang efektif terhadap pelayanan pada kultur tertentu. Dia meyakini bahwa seorang perawat tidak dapat memisahkan cara pandangan dunia, struktur sosial dan keyakinan kultur (orang biasa dan profesional) terhadap kesehatan, kesejahteraan , sakit, atau pelayanan saat bekerja dalam suatu kelompok masyarakat tertentu, karena faktor-faktor ini saling berhubungan satu sama lain. Struktur sosial seperti kepercayaan, politik, ekonomi dan kekeluargaaan adalah kekuatan signifikan yang berdampak pada ”care” dan mempengaruhi kesejahteraan dan kondisi sakit.
d.      Theory of Human Caring (Watson, 1979)
Teori ini mempertegas bahwa caring sebagai jenis hubungan dan transaksi yang diperlukan antara pemberi dan penerima asuhan untuk meningkatkan dan melindungi pasien sebagai manusia, dengan demikian mempengaruhi kesanggupan pasien untuk sembuh. Pandangan teori Jean Watson ini memahami bahwa manusia memiliki empat cabang kebutuhan manusia yang saling berhubungan diantaranya kebutuhan dasar biofisikial (kebutuhan untuk hidup) yang meliputi kebutuhan makanan dan cairan, kebutuhan eliminasi dan kebutuhan ventilasi, kebutuhan psikofisikal (kebutuhan fungsional) yang meliputi kebutuhan aktivitas dan istirahat, kebutuhan seksual, kebutuhan psikososial (kebutuhan untuk integrasi) yang meliputi kebutuhan untuk berprestasi, kebutuhan organisasi, dan kebutuhan intra dan interpersonal (kebutuhan untuk pengembangan) yaitu kebutuhan aktualisasi diri.
e.       Teori Self Care (Dorothea Orem)
Pandangan teori Orem dalam tatanan pelayanan keperawatan ditujukan kepada kebutuhan individu dalam melakukan tindakan keperawatan mandiri serta mengatur dalam kebutuhannya. Dalam konsep praktik keperwatan Orem mengembangkan tiga bentuk teori Self Care, di antaranya:
1)      Perawatan Diri Sendiri (Self Care)
  Self Care: merupakan aktivitas dan inisiatif dari individu serta dilaksananakan oleh individu itu sendiri dalam memenuhi serta mempertahankan kehidupan, kesehatan serta kesejahteraan.
Self Care Agency: merupakan suatu kemampuan individu dalam melakukan perawatan diri sendiri, yang dapat dipengaruhi oeh usia, perkembangan, sosiokultural, kesehatan dan lain-lain.
Theurapetic Self Care Demand: tuntutan atau permintaan dalam perawatan diri sendiri yang merupakan tindakan mandiri yang dilakukan dalam waktu tertentu untuk perawatan diri sendiri dengan menggunakan metode dan alat dalam tindakan yang tepat.
Self Care Requisites: kebutuhan self care merupakan suatu tindakan yang ditujukan pada penyediaan dan perawatan diri sendiri yang bersifat universal dan berhubungan dengan proses kehidupan manusia serta dalam upaya mepertahankan fungsi tubuh. Self Care Reuisites terdiri dari beberapa jenis, yaitu: Universal Self Care Requisites (kebutuhan universal manusia yang merupakan kebutuhan dasar), Developmental Self Care  Requisites (kebutuhan yang berhubungan perkembangan indvidu) dan Health Deviation Requisites (kebutuhan yang timbul sebagai hasil dari kondisi pasien).
2)      Self Care Defisit
Self Care Defisit merupakan bagian penting dalam perawatan secara umum di mana segala perencanaan keperawatan diberikan pada saat perawatan dibutuhkan. Keperawatan dibutuhkan seseorang pada saat tidak mampu atau terbatas untuk melakukan self carenya secara terus menerus. Self care defisit dapat diterapkan pada anak yang belum dewasa, atau kebutuhan yang melebihi kemampuan serta adanya perkiraan penurunan kemampuan dalam perawatan dan tuntutan dalam peningkatan self care, baik secara kualitas maupun kuantitas. Dalam pemenuhan perawatan diri sendiri serta membantu dalam proses penyelesaian masalah, Orem memiliki metode untuk proses tersebut diantaranya bertindak atau berbuat untuk orang lain, sebagai pembimbing orang lain, memberi support, meningkatkan pengembangan lingkungan untuk pengembangan pribadi serta mengajarkan atau mendidik pada orang lain.
f.       Teori Dinamic dan Self Determination for Self Care (Rice)
Perawat sebagai fasilitator dan koordinator dari pilihan keseimbangan sehat sakit yang ditetapkan oleh pasien.
(Aziz Alimul Hidayat, 2004)

3.      Landasan Hukum Home Care
Fungsi Hukum dalam Praktik Perawat :
a.    Memberikan kerangka untuk menentukan tindakan keperawatan mana yang sesuai dengan hukum
b.    Membedakan tanggung jawab perawat dengan profesi lain
c.    Membantu menentukan batas-batas kewenangan tindakan keperawatan mandiri
d.    Membantu mempertahankan standard praktik keperawatan dengan meletakkan posisi perawat memiliki akuntabilitas dibawah hukum.
Landasan Hukum :
a.      UU Kes.No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan
b.      PP No. 25 tahun 2000 tentang perimbangan keuangan pusat dan daerah.
c.       UU No. 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah
d.      UU No. 29 tahun 2004 tentang praktik kedokteran
e.      Kepmenkes No. 1239 tahun 2001 tentang regestrasi dan praktik perawat
f.        Kepmenkes No. 128 tahun 2004 tentang kebijakan dasar puskesmas
g.      Kepmenkes No. 279 tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan Perkesmas.
h.      SK Menpan No. 94/KEP/M. PAN/11/2001 tentang jabatan fungsonal perawat.
i.        PP No. 32 tahun 1996 tentang tenaga kesehatan
j.        Permenkes No. 920 tahun 1986 tentang pelayan medik swasta

4.      Skill Dasar Yang Harus Dikuasai Perawat
Home Care SK Dirjen Dirjen YAN MED NO HK. 00.06.5.1.311 menyebutkan ada 23 tindakan keperawatan mandiri yang bisa dilakukan oleh perawat home care antara lain :
1)      vital sign
2)      memasang nasogastric tube
3)      memasang selang susu besar
4)      memasang cateter
5)      penggantian tube pernafasan
6)       merawat luka dekubitus
7)      Suction
8)      memasang peralatan O2
9)      penyuntikan (IV,IM, IC,SC)
10)  Pemasangan infus maupun obat
11)  Pengambilan preparat
12)  Pemberian huknah/laksatif
13)  Kebersihan diri
14)  Latihan dalam rangka rehabilitasi medis
15)  Tranpostasi klien untuk pelaksanaan pemeriksaan diagnostik
16)  Penkes
17)  Konseling kasus terminal
18)  konsultasi/telepon
19)  Fasilitasi ke dokter rujukan
20)  Menyiapkan menu makanan
21)  Membersihkan Tempat tidur pasien
22)  Fasilitasi kegiatan sosial pasien
23)  Fasilitasi perbaikan sarana klien.

v  Kompetensi Dasar
    1. Memahami dasar-dasar anatomi, fisiologi, patologi tubuh secara umum.
1)      Menjelaskan anatomi, fisiologi, patologi sebagai sistem tubuh secara umum
2)      Menjelaskan konsep dasar homeostasis, dan patogenesis.
    1. Melaksanakan pemberian obat kepada klien/pasien
1)      Menjelaskan cara-cara pemberian obat kepada pasien
2)      Melakukan pemberian obat kepada pasien sesuai resep dokter.
    1. Memahami jenis  pemeriksaan laboratorium dasar yang diperlukan oleh klien/pasien
1)      Menjelaskan jenis pemeriksaan laboratorium dasar yang diperlukan oleh
klien/pasien
2)      Menjelaskan persiapan klien/pasien yang akan diperiksa di laboratorium
3)      Mengantarkan klien/pasien untuk periksa di laboratorium.
    1. Menunjukan kemampuan melakukan komunikasi terapeutik
1)      Menjelaskan definisi komunikasi terapeutik
2)      Menjelaskan fungsi, dan manfaat komunikasi terapeutik
3)      Melaksanakan setiap tindakan keperawatan menggunakan komunikasi terapeutik.
    1. Menunjukan kemampuan  mengasuh bayi, balita, anak, dan lansia sesuai tingkat perkembangan
1)      Membangun hubungan antar manusia
2)      Mengoptimalkan komunikasi terapeutik
3)      Mengidentifikasi kebutuhan dasar manusia
4)      Merencanakan kebutuhan dasar manusia
f.        Menunjukan kemampuan melayani klien/pasien berpenyakit ringan
1)      Membangun hubungan antar manusia
2)      Mengoptimalkan komunikasi terapeutik
3)      Mengidentifikasi kebutuhan dasar klien/pasien
4)      Merencanakan kebutuhan dasar klien/pasien
5)      Melaksanakan kebutuhan dasar klien/ pasien
6)      Mendokumentasikan hasil pelaksanaan kebutuhan pasien/klien yang penyakit
ringan.
g.      Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
1)      Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
2)      Melaksanakan prosedur K3
3)      Menerapkan konsep lingkungan hidup
4)      Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan

i.      Memahami kontinum sehat- sakit
1)      Menjelaskan keseimbangan tubuh manusia normal
2)      Menjelaskan definisi sehat-sakit
3)      Menjelaskan model-model sehat dan sakit
4)      Menjelaskan nilai-nilai yang mempengaruhi kesehatan
5)      Menjelaskan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit
6)      Menjelaskan faktor-faktor resiko dalam kehidupan manusia
7)      Menjelaskan dampak sakit pada klien/pasien dan keluarga.
j.        Memahami dasar-dasar penyakit sederhana yang umum di masyarakat
1)      Menjelaskan penyakit–penyakit sistem integumen sederhana yang umum dimasyarakat
2)      Menjelaskan penyakit–penyakit sistem gastro intestinal sederhana yang umum di masyarakat
3)       Menjelaskan penyakit-penyakit sistem genito urinaria sederhana yang umum di masyarakat
4)      Menjelaskan penyakit–penyakit sistem respiratori sederhana yang umum di masyarakat
5)      Menjelaskan penyakit–penyakit sistem kardio vaskuler sederhana yang umum di masyarakat
6)      Menjelaskan penyakit–penyakit sistem persarafan sederhana yang umum di masyarakat
7)      Menjelaskan penyakit–penyakit sistem reproduksi sederhana yang umum di masyarakat.
k.       Memahami peningkatan kesehatan dan pelayanan kesehatan utama
1)      Menjelaskan tindakan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit
2)      Menjelaskan tindakan pelayanan kesehatan utama
3)      Menjelaskan peran asisten perawat dalam pemberian perawatan utama.
l.        Memahami pemberian obat
1)      Menjelaskan nomenklatur dan bentuk obat oral
2)      Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kerja obat
3)      Menjelaskan kemampuan memberikan obat oral.
m.    Memahami kemampuan interpersonal dan massa
1)      Menjelaskan berbagai tingkatan komunikasi
2)      Menjelaskan proses komunikasi
3)      Menjelaskan bentuk-bentuk komunikasi
4)      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi
5)      Mendiskusikan komunikasi terapeutik
6)      Menjelaskan bantuan dalam berkomunikasi.
n.      Prinsip-prinsip perkembangan manusia
1)      Menjelaskan teori pertumbuhan dan perkembangan manusia
2)      Menjelaskan tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia
3)      Menjelaskan tentang konsepsi
4)      Menjelaskan proses kelahiran.
o.      Memahami tahap-tahap perkemangan manusia
1)      Menjelaskan perkembangan masa bayi
2)      Menjelaskan perkembangan masa balita
3)      Menjelaskan perkembangan anak masa usia sekolah
4)      Menjelaskan perkembangan masa remaja
5)      Menjelaskan perkembangan masa
p.      Dewasa muda
1)      Menjelaskan perkembangan masa dewasa
2)      Menjelaskan perkembangan masa lansia.
q.      Memahami sikap pelayanan perawat sesuai dengan tahapan perkembangan
1)      Menjelaskan sikap perawat terhadap klien/pasien sesuai dengan tahap
perkembangan
2)       Menjelaskan pelayanan perawatan kesehatan komunitas dan panti.
r.       Memahami tentang stres
1)      Menjelaskan konsep stres
2)      Menjelaskan adaptasi terhadap stres
3)      Menjelaskan respon terhadap stres
4)      Menjelaskan proses keperawatan dan adaptasi terhadap stres.
s.       Memahami kebutuhan dasar manusia
1)      Menjelaskan kebutuhan fisiologis manusia
2)      Menjelaskan kebutuhan keselamatan dan rasa aman
3)      Menjelaskan kebutuhan cinta dan rasa memiliki
4)      Menjelaskan kebutuhan penghargaan  dan harga diri
5)      Menjelaskan kebutuhan aktualisasi diri.

t.        Memahami tentang kesehatan reproduksi
1)      Menjelaskan konsep kesehatan reproduksi
2)      Menjelaskan anatomi dan fisiologi alat reproduksi
3)      Menjelaskan masalah yang berhubungan dengan kesehatan
reproduksi.
u.      Memahami perilaku empatik 12.1Menjelaskan sikap empatik terhadap kehilangn, kematian, duka cita saat melakukan tindakan keperawatan
1)      Menjelaskan bantuan yang diberikan sesuai dengan agama, dan kebutuhan
spiritual klien tersebut.
v.       Melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital
1)      Menjelaskan pedoman untuk mengukur tanda vital
2)       Menjelaskan tentang pengukuran suhu tubuh
3)      melaksanakan pengukuran nafas
4)      Melaksanakan pengukuran nadi.
w.      Melakukan mobilisasi pasif terhadap klien/pasien
1)      Menjelaskan tentang mobilisasi dan pengaturan gerak
2)      Menjelaskan gangguan mobilisasi
3)      Menjelaskan latihan mobilisasi
4)      Menunjukan kemampuan melakukan mobilisasi pasif dan aktif
5)      Menjelaskan gangguan mobilisasi.
x.       Melakukan pemberian nutrisi 15.1Menjelaskan nutrisi seimbang
1)      Menunjukan kemampuan memberikan makan peroral pada pasien/klien.
y.       Melaksanakan dokumentasi tindakan keperawatan
1)      Menjelaskan komunikasi multidisiplin dalam tim
2)      Membuat dokumentasi sesuai dengan pedoman.
z.       Melaksanakan tugas sesuai dengan etika keperawatan, dan kaidah hukum
1)      Menjelaskan pentingnya etika dan hukum keperawatan dalam
melaksanakan tugas
2)      Melakukan perilaku kinerja asisten perawat sesuai dengan etika dan hokum keperawatan




5.      Lingkup Pelayanan Home Care
Menurut Nuryandari (2004) menyebutkan ruang lingkup pelayanan home care adalah:
a.      Pelayanan medik dan asuhan keperawatan
b.      Pelayanan sosial dan upaya menciptakan lingkungan yang terapeutik
c.       Pelayanan rehabilitasi dan terapi fisik
d.      Pelayanan informasi dan rujukan
e.      Pendidikan, pelatihan dan penyuluhan kesehatan
f.        Higiene dan sanitasi perorangan serta lingkungan
g.      Pelayanan perbaikan untuk kegiatan sosial
Menurut Rice R (2001) jenis kasus yang dapat dilayani pada perawatan kesehatan di rumah meliputi kasus-kasus yang umum pasca perawatan di rumah sakit dan kasus-kasus khusus yang di jumpai di komunitas.
Kasus umum yang merupakan pasca perawatan di rumah sakit adalah:
§  Klien dengan penyakit obstruktif paru kronis,
§  Klien dengan penyakit gagal jantung,
§  Klien dengan gangguan oksigenasi,
§  Klien dengan perlukaan kronis,
§  Klien dengan diabetes,
§  Klien dengan gangguan fungsi perkemihan,
§  Klien dengan kondisi pemulihan kesehatan atau rehabilitasi,
§  Klien dengan terapi cairan infus di rumah,
§  Klien dengan gangguan fungsi persyarafan,
§  Klien dengan HIV/AIDS.
Sedangkan kasus dengan kondisi khusus, meliputi :
§  Klien dengan post partum,
§  Klien dengan gangguan kesehatan mental,
§  Klien dengan kondisi usia lanjut,
§  Klien dengan kondisi terminal.

6.      Isu Dan Legal Aspek
Secara legal perawat dapat melakukan aktivitas keperawatan mandiri berdasarkan pendidikan dan pengalaman yang di miliki. Perawat dapat mengevaluasi klien untuk mendapatkan pelayanan perawatan di rumah tanpa program medis tetapi perawatan tersebut harus diberikan di bawah petunjuk rencana tindakan tertulis yang ditandatangani oleh dokter. Perawat yang memberi pelayanan di rumah membuat rencana perawatan dan kemudian bekerja sama dengan dokter untuk menentukan rencana tindakan medis.
Isu legal yang paling kontroversial dalam praktik perawatan di rumah antara lain mencakup hal-hal sebagai berikut:
a.      Resiko yang berhubungan dengan pelaksanaan prosedur dengan teknik yang tinggi, seperti pemberian pengobatan dan transfusi darah melalui IV di rumah.
b.      Aspek legal dari pendidikan yang diberikan pada klien seperti pertanggungjawaban terhadap kesalahan yang dilakukan oleh anggota keluarga karena kesalahan informasi dari perawat.
c.       Pelaksanaan peraturan Medicare atau peraturan pemerintah lainnya tentang perawatan di rumah.
Karena biaya yang sangat terpisah dan terbatas untuk perawatan di rumah, maka perawat yang memberi perawatan di rumah harus menentukan apakah pelayanan akan diberikan jika ada resiko penggantian biaya yang tidak adekuat. Seringkali, tunjangan dari Medicare telah habis masa berlakunya sedangkan klien membutuhkan perawatan yang terus-menerus tetapi tidak ingin atau tidak mampu membayar biayanya. Beberapa perawat akan menghadapi dilema etis bila mereka harus memilih antara menaati peraturan atau memenuhi kebutuhan untuk klien lansia, miskin dan klien yang menderita penyakit kronik. Perawat harus mengetahui kebijakan tentang perawatan di rumah untuk melengkapi dokumentasi klinis yang akan memberikan penggantian biaya yang optimal untuk klien.
Pasal Krusial Dalam Kepmenkes 1239/2001 Tentang Praktik Keperawatan
§  Melakukan asuhan keperawatan meliputi Pengkajian, penetapan diagnosa keperawatan, perencanaan, melaksanakan tindakan dan evaluasi.
§  Pelayanan tindakan medik hanya dapat dilakukan atas permintaan tertulis dokter
§  Dalam melaksanakan kewenangan perawat berkewajiban :
-          Menghormati hak pasien
-          Merujuk kasus yang tidak dapat ditangani
-          Menyimpan rahasia sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
-          Memberikan informasi
-          Meminta persetujuan tindakan yang dilakukan
-          Melakukan catatan perawatan dengan baik
§  Dalam keadaan darurat yang mengancam jiwa seseorang , perawat berwenang melakukan pelayanan kesehatan di luar kewenangan yang ditujukan untuk penyelamatan jiwa.
§  Perawat yang menjalankan praktik perorangan harus mencantumkan SIPP di ruang praktiknya
§  Perawat yang menjalankan praktik perorangan tidak diperbolehkan memasang papan praktik  (sedang dalam proses amandemen)
§  Perawat yang memiliki SIPP dapat melakukan asuhan dalam bentuk kunjungan rumah
§  Persyaratan praktik perorangan sekurang-kurangnya memenuhi :
-          Tempat praktik memenuhi syarat
-          Memiliki perlengkapan peralatan dan administrasi termasuk formulir /buku kunjungan, catatan tindakan dan formulir rujukan

7.      Lingkup Praktik Keperawatan Di Rumah
Lingkup praktik keperawatan mandiri meliputi asuhan keperawatan perinatal, asuhan keperawatan neonantal, asuhan keperawatan anak, asuhan keperawatan dewasa, dan asuhan keperawatan maternitas, asuhan keperawatan jiwa dilaksanakan sesuai dengan lingkup wewenang dan tanggung jawabnya. Keperawatan yang dapat dilakukan dengan :
a.      Melakukan keperawatan langsung (direct care) yang meliputi pengkajian bio- psiko- sosio- spiritual dengan pemeriksaan fisik secara langsung, melakukan observasi, dan wawancara langsung, menentukan masalah keperawatan, membuat perencanaan, dan melaksanakan tindakan keperawatan yang memerlukan ketrampilan tertentu untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang menyimpang, baik tindakan-tindakan keperawatan atau tindakan-tindakan pelimpahan wewenang (terapi medis), memberikan penyuluhan dan konseling kesehatan dan melakukan evaluasi.
b.      Mendokumentasikan setiap tindakan pelayanan yang di berikan kepada klien, dokumentasi ini diperlukan sebagai pertanggung jawaban dan tanggung gugat untuk perkara hukum dan sebagai bukti untuk jasa pelayanan kepertawatan yang diberikan.
c.       Melakukan koordinasi dengan tim yang lain kalau praktik dilakukan secara berkelompok.
d.      Sebagai pembela/pendukung (advokat) klien dalam memenuhi kebutuhan asuhan keperawatan klien dirumah dan bila diperlukan untuk tindak lanjut kerumah sakit dan memastikan terapi yang klien dapatkan sesuai dengan standart dan pembiayaan terhadap klien sesuai dengan pelayanan /asuhan yang diterima oleh klien.
e.      Menentukan frekwensi dan lamanya keperawatan kesehatan di rumah dilakukan, mencangkup berapa sering dan berapa lama kunjungan harus di lakukan.

8.      Mekanisme Pelayanan Home Care
Pasien/ klien yang memperoleh pelayanan keperawatan di rumah dapat merupakan rujukan dari klinik rawat jalan, unit rawat inap rumah sakit, maupun puskesmas, namun pasien/ klien dapat langsung menghubungi agensi pelayanan keperawatan di rumah atau praktek keperawatan per orangan untuk memperoleh pelayanan. Mekanisme yang harus di lakukan adalah sebagai berikut:
a.        Pasien / klien pasca rawat inap atau rawat jalan harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter untuk menentukan apakah secara medis layak untuk di rawat di rumah atau tidak.
b.        Selanjutnya apabila dokter telah menetapkan bahwa klien layak dirawat di rumah, maka di lakukan pengkajian oleh koordinator kasus yang merupakan staf dari pengelola atau agensi perawatan kesehatan dirumah, kemudian bersama-sama klien dan keluarga, akan menentukan masalahnya, dan membuat perencanaan, membuat keputusan, membuat kesepakatan mengenai pelayanan apa yang akan diterima oleh klien, kesepakatan juga mencakup jenis pelayanan, jenis peralatan, dan jenis sistem pembayaran, serta jangka waktu pelayanan.
c.        Selanjutnya klien akan menerima pelayanan dari pelaksana pelayanan keperawatan dirumah baik dari pelaksana pelayanan yang dikontrak atau pelaksana yang direkrut oleh pengelola perawatan dirumah. Pelayanan dikoordinir dan dikendalikan oleh koordinator kasus, setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh tenaga pelaksana pelayanan harus diketahui oleh koordinator kasus.
d.        Secara periodic koordinator kasus akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan apakah sudah sesuai dengan kesepakatan.

v  Persyaratan pasien / klien yang menerima pelayanan perawatan dirumah
a.      Mempunyai keluarga atau pihak lain yang bertanggungjawab atau menjadi pendamping bagi klien dalam berinteraksi dengan pengelola
b.      Bersedia menandatangani persetujuan setelah diberikan informasi (Informed consent)
c.       Bersedia melakukan perjanjian kerja dengan pengelola perawatan kesehatan dirumah untuk memenuhi kewajiban, tanggung jawab, dan haknya dalam menerima pelayanan.
v  Berikut tahapan mekanisme pelayanan Home Care :
a.      Proses penerimaan kasus
1)      Home care menerima pasien dari rumah sakit, puskesmas, sarana lain, keluarga
2)      Pimpinan home care menunjuk menejer kasus untuk mengelola kasus
3)      Manajer kasus membuat surat perjanjian dan proses pengelolaan kasus
b.   Proses pelayanan home care
1)   Persiapan
·         Pastikan identitas pasien
·         Bawa denah/ petunjuk tempat tinggal pasien
·         Lengkap kartu identitas unit tempat kerja
·         Pastikan perlengkapan pasien untuk di rumah
·         Siapkan file asuhan keperawatan
·         Siapkan alat bantu media untuk pendidikan
2)   Pelaksanaan
·         Perkenalkan diri dan jelaskan tujuan.
·         Observasi lingkungan yang berkaitan dengan keamanan perawat
·         Lengkapi data hasil pengkajian dasar pasien
·         Membuat rencana pelayanan
·         Lakukan perawatan langsung
·         Diskusikan kebutuhan rujukan, kolaborasi, konsultasi dll
·         Diskusikan rencana kunjungan selanjutnya dan aktifitas yang akan dilakukan
·         Dokumentasikan kegiatan

3)   Monitoring dan evaluasi
·         Keakuratan dan kelengkapan pengkajian awal
·         Kesesuaian perencanaan dan ketepatan tindakan
·         Efektifitas dan efisiensi pelaksanaan tindakan oleh pelaksanan
4)   Proses penghentian pelayanan home care, dengan kreteria :
·         Tercapai sesuai tujuan
·         Kondisi pasien stabil
·         Program rehabilitasi tercapai secara maximal
·         Keluarga sudah mampu melakukan perawatan pasien
·         Pasien di rujuk
·         Pasien menolak pelayanan lanjutan
·         Pasien meninggal dunia



BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Dari pembahasan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa, home care merupakan  bagian integral dari pelayanan keperawatan yang dilakukan oleh perawat untuk membantu individu, keluarga dan masyarakat mencapai kemandirian dalam menyelesaikan masalah kesehatan yang mereka hadapi.
Perawatan di rumah selain dapat mengurangi kecemasan juga dapat menghemat biaya dari beberapa segi misal biaya kamar, biaya transpor dan biaya lain-lain yang terkait dengan penjaga yang sakit.Tetapi perlu diingat bahwa pasien yang dapat layananhome care adalah pasien yang secara medis dinyatakan aman untuk dirawat di rumah dengan kondisi rumah yang memadai.

2.      Saran
a.      Bagi perawat
Perawat yang menjalankan perawatan home care hendaknya sudah memiliki SIP, harus kompeten dalam bidangnya, bertanggung jawab terhadap tugasnya.
b.      Bagi pasien dan keluarga
Hendaknya pasien dan keluarga dapat bersifat terbuka terhadap perawat home care, manicotti anjuran dari perawa, membantu dalam proses tindakan keperawatan, dan dapat bersifat kooperatif dalam menerima informasi dari perawat.



DAFTAR PUSTAKA
A. Aziz Alimul Hidayat. 2004. Pengantar konsep dasar keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar